Sabtu, 28 Juli 2012

7 Fakta Unik setiap Bulan Ramadhan

Apa saja fakta unik yang terjadi selama bulan ramadhan? berikut ulasannya 

1. Stasiun televisi berlomba-lomba menayangkan program religi

sinetron religi
sinetron religi ramadhan 2012
Pada bulan ramadhan banyak stasiun televisi berlomba-lomba menayangkan program religi, entah itu sinetron yang di kemas sangat kental nuansa islamnya, ceramah agama menunggu sahur maupun menjelang berbuka, dan juga variety show lainnya. Tidak hanya tv berskala nasional, tv lokal pun seakan tak mau kalah. 

2. Launching lagu-lagu religi
album religi
album religi
Pada bulan ini, banyak band yang sebelumnya fokus pada lagu-lagu tema cinta, sahabat, kehidupan tiba-tiba ikutan memeriahkan bulan ramadhan dengan karya mereka yang religius. Tercatat rencana album religi yang launching pada ramadhan 2012

  • Nia Daniati
  • Geisha
  • Zhe Shahab
  • Selengkapnya single album religi ramadhan 2012 klik disini (link sementara belum aktiv)
3. Promo gencar-gencaran
promo ramdhan
perang diskon di bulan puasa
Bagi Anda penggemar belanja / shopping holic terutama cewek, tunda hobi Anda sebulan sebelum puasa lebaran, karena biasanya pada bulan ramadhan mal, toko, toko online banyak yang melakukan promo gencar-gencaran. Promo yang populer biasanya banting harga (diskon). Manfaatkan momen ini untuk belanja sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Penjual kembang api bermunculan menjajakan dagangannya
penjual kembang api
Lapak kembang api admin blogaktiv (real)
Banyak orang yang berstatement beli kembang api sama seperti membakar uang. Namun meski statement ini gencar di dengungkan orangtua kepada anaknya, tetap tidak menghalangi para penjaja kembang api untuk tetap berjualan, berharap berkah ramadhan. Di berbagai kota, lapak jualan mereka seperti berjejer rapi memenuhi jalan protokol (jalan utama).

5. Badan jalan di sebagian kota di tutup setiap menjelang buka puasa
takjil
badan jalan tertutup menjelang buka puasa
Aktivitas ngabuburit (jalan-jalan sebelum berbuka puasa) biasanya mencari takjil. Nah pada bulan ramadhan ini, sebagian kota memberlakukan aturan untuk mempersilahkan warganya berjualan takjil di badan jalan protokol. So selama aktivitas ini, pengendara dilarang melewati jalan ini, khusus para pejalan kaki. Baru setelah jam berbuka, badan jalan ini kembali di buka untuk pengendara.

6. Penukaran uang baru Meningkat
Tukar Uang Lebaran
admin blogaktiv (real)
Untuk mendapatkan uang baru, Anda harus keluar uang lebih. Misalnya tukar seratus ribu uang baru, bersiaplah untuk mengganti dengan Rp 110.000 (lebih 10ribu). Fenomena ini hanya terjadi selamabulan ramadhan dimana orang-orang menawarkan jasa tukar uang baru. Pada bulan ini permintaan uang baru meningkat pesat. Tujuannya untuk memberi angpao sanak famili, maupun para tamu. Bahkan saat mendekati lebaran, penukaran uang baru bisa tembus hingga 125.000 per seratus ribunya. Padahal untuk tukar uang di bank, sama sekali kita tidak dikenai tambahan biaya. Tapi harus antri dan ada batas maksimal penukaran.

7. Masjid tiba-tiba menjadi ramai di minggu pertama
jamaah masjid membludak saat ramadhan (awal)
Tidak hanya terjadi di daerah saya, menurut kabar dari teman-teman facebook hal ini juga terjadi di daerah mereka, dimana masjid yang biasanya sepi aktivitas di hari-hari biasa, menjadi sangat ramai di minggu pertama bulan ramadhan. Namun juga sangat di sayangkan, aktivitas membludak ini, lambat laun semakin berkurang menjelang lebaran. Banyak yang beralih ke toko buat belanja ketimbang melakukan aktivitas di masjid/langgar/mushola.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews